Kamis, Juli 31, 2008

Tahu nggak kalau lambung bayi yang baru lahir itu hanya seukuran biji kemiri???

31 Juli 2008

Nggak percaya? Tapi ini NYATA!! Lambung bayi berumur 1-2 hari hanya seukuran biji kemiri. Bagi yang nggak tahu seberapa besar biji kemiri bisa menanyakan kepada yang gemar memasak. Pantas saja bayi yang baru lahir itu seperti tidak pernah puas menyusu, sering sekali menangis kelaparan. Kayaknya bayi tidak bisa dilepas sedikit pun dari sang ibu.

Oleh karena itu, jangan terburu-buru menganggap bahwa ASI sang ibu tidak mencukupi bagi bayi karena bayi kok kelaparan terus ya. Jangan segera berlari ke toko terdekat untuk membeli susu formula bagi sang bayi. Karena memang kebutuhan mereka sangat sedikit untuk sekali menyusu sehingga cepat sekali merasa lapar. Apalagi ASI yang pertama kali keluar (disebut kolostrum, berwarna kekuningan dan kental) memiliki efek seperti pencahar. Kolostrum ini mengandung banyak sekali zat gizi dan zat antibody alami yang dibutuhkan oleh bayi baru lahir. Sehingga apabila kebutuhan bayi terpenuhi maka akan buang air kecil lebih dari 6 kali sehari dan buang air besar lebih dari sekali sehari. Kolostrum juga cairan yang paling sempurna yang dapat melalui sistem pencernaan bayi oleh karena sistem pencernaan bayi belum sempurna.

Apabila ASI sang ibu belum keluar, jangan serta merta memberikan susu formula. Karena bayi baru lahir membawa cukup cairan dalam tubuhnya. Bayi mampu bertahan meski tidak diberi cairan sedikit pun selama 2 hari pertama kehidupannya.

Diperoleh dari berbagai sumber

Yuyun

Tidak ada komentar: