Kamis, Juli 31, 2008

Apa salahnya sih menghemat air?

Apa salahnya sih menghemat air?

Hehe..kayaknya judul semua postinganku menggunakan tanda tanya ya, gpp lah yang penting nyampe maksudnya .

Hemat air

Kayaknya cara ini paling jarang deh dilakukan banyak orang, apalagi orang Indonesia. Kenapa? Sepertinya mereka beranggapan bahwa air berlimpah, mudah memperolehnya.

Pemborosan air yang paling sering kulihat:
1. cuci mobil
Nah ini dia nih yang paling sering dilakukan oleh Papaku, walaupun mobilnya gak kotor-kotor amat. Berhubung beliau dah pensiun dan tidak memiliki kegiatan lain maka kegiatan ini sering dilakukannya. Bila diberitahu pasti marah. Beruntung sekarang beliau sudah jarang mencuci mobil
2. siram air ke jalan buat mengurangi debu
Yang satu ini juga sering dilakukan oleh Papaku, apalagi di musim kemarau ini. Kalau siram dengan air bekas sih gpp tapi kalau air bersih dari keran?
Diberitahu juga marah, ya udah pasrah. 
3. cuci tangan
Ini nih yang paling membuat kesal. Aku selalu melihat orang yang mencuci tangan dan membuang-buang air dengan membiarkan air tetap mengalir saat menyabuni tangan. HAH….. air kan gak datang begitu saja.
4. Menyiram tanaman
Kalau pas musim hujan sih kita gak perlu menyiram tanaman ya, tapi kalau pas musim kemarau gimana? Mau nggak mau menggunakan air keran. Tetapi ini masih bisa disiasati kok. Siram dengan menggunakan air bekas. Yaitu setiap habis mencuci bahan makanan airnya ditampung dan kemudia digunakan untuk menyiram tanamam. Bahkan cara ini terbukti lebih baik juga bagi para tanaman, karena tanaman memperoleh nutrisi yang ikut terbuang dengan air. Selain itu, pernah dibuktikan oleh abang tukang bakso. Di depan sekolah tempat ia biasa mangkal ada pohon mangga yang masih kecil tapi dah berbuah lebat. Mengapa? Karena abang ini setiap kali membuang kuah bakso sisa selalu ke pohon tersebut.
5. Mandi
Mandi juga merupakan salah satu bentuk pemborosan air. Terus kita jadi gak mandi dong kalo mau hemat air??? Ya enggak lah bukan ya enggak dong, kan mulan jamilah bukan mulan jamidong (seperti kata keponakanku Dhiko yang sebentar lagi berumur 3 tahun). Banyak yang nggak tahu kalau mandi menggunakan gayung dan bak mandi itu lebih memboroskan air dibandingkan dengan menggunakan pancuran. Tapi pancuran pun juga ada syaratnya agar disebut lebih hemat, yaitu air pancurannya jangan dibuat deras.

Hm… sepertinya baru itu saja yang dapat kupikirkan saat ini. Kalau ada yang mau tambahin silahkan.

Yuyun
Jakarta, 31 Juli 2008

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Salah tuh..habis kalo di hotel pake bath tub, gmn dong?? Gw ama adri/wiena waktu ke yogya tuh abis brapa galon ya bwt mandi??;)
lebih boros lg ya??